Beranda | Artikel
Seri Mengenal Islam [2]
Senin, 2 September 2019

Bismillah.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, Islam bukan sebuah produk pemikiran manusia. Islam merupakan agama yang Allah ajarkan kepada kita dan Allah sempurnakan untuk kita.

Allah berfirman (yang artinya), “Pada hari ini Aku telah menyempurnakan untuk kalian agama kalian, dan Aku telah cukupkan nikmat-Ku atas kalian, dan Aku telah ridha Islam sebagai agama bagi kalian.” (al-Ma-idah : 3)  

Islam merupakan nikmat agung yang Allah berikan kepada kita. Karena hanya Islam yang Allah terima sebagai agama di sisi-Nya. Allah berfirman (yang artinya), “Barangsiapa yang mencari selain Islam sebagai agama maka tidak akan diterima darinya, dan kelak di akhirat dia akan termasuk golongan orang-orang yang merugi.” (Ali ‘Imran : 85)

Islam mengajak manusia untuk menghamba kepada Allah semata dan meninggalkan segala bentuk sesembahan selain-Nya. Sebab hanya Allah pula yang menciptakan dan memberikan rezeki kepada umat manusia. Allah berfirman (yang artinya), “Wahai manusia, sembahlah Rabb kalian; Yang telah menciptakan kalian dan orang-orang sebelum kalian, mudah-mudahan kalian bertakwa.” (al-Baqarah : 21). Allah juga berfirman (yang artinya), “Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (adz-Dzariyat : 56)

Oleh sebab itu sudah selayaknya kita mensyukuri nikmat Islam ini dengan menggunakan waktu dan kehidupan ini dalam rangka tunduk beribadah kepada Allah. Allah berfirman (yang artinya), “[Allah] Yang telah menciptakan kematian dan kehidupan untuk menguji kalian; siapakah diantara kalian yang terbaik amalnya.” (al-Mulk : 2)

Dengan itulah manusia akan mendapatkan kebahagiaan sejati. Allah berfirman (yang artinya), “Barangsiapa yang melakukan amal salih baik dari kalangan lelaki atau perempuan dalam keadaan dia beriman, niscaya Kami akan berikan kepadanya kehidupan yang baik, dan benar-benar Kami akan memberikan kepada mereka balasan yang lebih baik daripada apa-apa yang telah mereka kerjakan.” (an-Nahl : 97)

Allah juga berfirman (yang artinya), “Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, beramal salih, saling menasihati dalam kebenaran, dan saling menasihati untuk menetapi kesabaran.” (al-’Ashr : 1-3)

Semoga catatan singkat ini bermanfaat bagi kami dan segenap pembaca. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Yogyakarta, 26 Dzulhijjah 1440 H

Redaksi al-mubarok.com

Ari Wahyudi


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/seri-mengenal-islam-2/